JURNAL VARIASI
Volume 4 Nomor 1, Februari 2013

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Think Pair Share (TPS)

Wahyuni, Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMPN di Kabupaten Bireuen yang berakredasi B. Secara acak dipilih dua sekolah sebagai sampel penelitian yaitu SMPN 4 Bireuen dan SMPN 5 Peusangan.Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran kooperatif tipeTPS dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan awal siswa, tes pemecahan masalah matematis, dan skala kemandirian. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk melihat peningkatan dan ANAVA dua jalur untuk melihat interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa yaitu pada kategori sedang; (2) Tidak ada interaksi antarakemampuan awal siswa dan pembelajarankooperatif tipe TPSterhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa; (3) Proses penyelesaian siswa dalam menyelesaikan masalah kemampuan pemecahan masalah matematik pada pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih bervariasi, langkah-langkah berurutan dan penyelesaian benar dibanding dengan pembelajaran biasa.Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Pemecahan Masalah Matematis.

Copyrights © 2013