Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field recearch) dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam kajian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan berdasarkan deskriptif analisis melalui tiga tahap: Reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kedisiplinan SMA Babul Maghfirah adalah usaha mengarahkan siswa untuk terbiasa mematuhi peraturan sekolah. Dalam membimbing kedisiplinan siswa pihak SMA Babul Maghfirah, terdapat beberapa kendala yaitu kekurangan guru bimbingan, dan ruangan untuk bimbingan, kurang konsisten dalam menjalankan program kedisiplinan, kemudian sikap tidak mau terbuka terhadap masalah yang dihadapi oleh siswa yang menyebabkan terjadinya pelanggaran, kesadaran orang tua untuk membimbing siswa, serta kurangnya melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak sekolah. Lebih jauh upaya penanggulangan indisipliner siswa dilakukan melalui: bimbingan, hukuman, tanggung jawab terhadap perbuatan, modifikasi lingkungan, dan juga dilakukan upaya pengembangan kedisiplinan siswa melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler.Kata Kunci: Implementasi, Bimbingan, Kedisiplinan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013