Lapisan beton FS 45 sebagai rigid pavement telah menjadi standar mutu lapisan kaku untuk mendukung beban lalu lintas yang besar dan arus lalu lintas padat. Mutu beton rigid pavement pada ruas Jalan Kokap – Pripih Kulonprogo sebagai peningkatan konstruksi jalan sebagai bagian pengembangan Kawasan Strategi setelah adanya Bandara Yogyakarta International Airport. Studi bertujuan mengetahui dan menganalisis properti bahan susun beton FS 45, proporsi campuran, dan hasil kuat tekan dan kuat lentunya. Metode penenlitian dilakukan melalui pengamatan langsung di Laboratorium Balai Pengujian DPUESDM DIY dan di lokasi pekerjaan. Hasil pemeriksaan propperti agregat terhadap abrasi berdasarkan SNI 03-2417-2008 sebanyak 500 putaran hasilnya sebesar 37,516% (maks 40%), kesetaraan pasir berdasarkan SNI 03-4428-1997 hasilnya 75,85% (min 50%), kekekalan atau soundness pada agregat halus (FA) berdasarkan SNI 3407-2008 sebesar 5,15 % dan agrgeat kasar (CA 2/3) sebesar 9,51% ( maks 18%), sesuai SNI 1970-2016 berat jenis agregat halus SSD 2,711, penyerapan (absorption) 1,771% dan untuk berat jenis SSD agregat kasar 2,509, absorption 2,927%. Proporsi beton FS 45 untuk volume 1 m3 adalah air 170 liter, PC 531,25 kg, Agegat halus 515,76 kg, agregat kasar 1147,99 kg sehingga berat total beton 2365 kg. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh rata-rata nilai slump 50 mm memnuhi 30-60 mm. Hasil pengujian kuat tekan beton rigid fs 45 kuat tekan rata-rata sebesar 42,81 Mpa memenuhi batas yang disyaratkan 39,7 MPa, hasil pengujian kuat lentur beton Fs 45 dalam bentuk balok menunjukkan kuat lentur rata-rata adalah 5,5 Mpa memenuhi yang disyaratkan 4,4 Mpa.
Copyrights © 2023