Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK)
Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi

Strategi Pemasaran Buah Naga Saat Panen Raya (Study Di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja)

Hasan Muzaki (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Desa Majingklak Kecawamatan Wanareja merupakan sebuah desa di wilayah sebelah barat Kabupaten Cilacap  dengan kondisi tanah yang subur dan panorama alam yang indah.  Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, salah satu komoditi pertanianya adalah buah naga. Buah naga dalam beberapa tahun ini menjadi iconic dari desa tersebut.  Hsetiap dusun di Desa majingklak penduduknya ada yang menanam buah naga. Saat musim panen raya petani memiliki beberapa strategi pemasaran untuk memasarkan buah naganya. Beberapa strategi tersebut diantaranya \strategi petik langsung dikebun, strategi menjaga kualitas buah, strategi mengikuti event-event tertentu , strategi wisata serta pemasaran door to door  ke daerah sekitar serta penjualan  online ke pembeli secara langsung.  Selain itu petani juga melakukan penjualan langsung kepada para pedagang dan bandar buah yang banyak datang ke daerah tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jebmak

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Journal Research of Economiy, Business, Management and Accounting Science published by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM. This journal is also dedicated to provide an intellectual space of ...