Jurnal Mirai Management
Vol 8, No 2 (2023)

Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang

Etty Zuliawati Zed (Universitas Pelita Bangsa, Cikarang.)
Yunita Ramadhani Ratnaningsih (Unknown)
Tri Mulyani Kartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat didunia khususnya internet telah membuat pergeseran perilaku termasuk di Indonesia salah satunya ditandai dengan pertumbuhan e-commerce yang mengindikasikan berpindahnya transaksi jual beli yang tadinya dilakukan secara tatap muka menjadi online dengan hanya menggunakan smartphone. Seiring merebaknya konsep online shop menjadikan marketplace bermunculuan. Salah satu fitur online shop online customer review (OCR) baru- baru mendapat perhatian besar baik dari akademisi maupun para pebisnis pada hubungannya dengan keputusan pembelian.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Online di e-commerce pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang dengan jumlah 4.154 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 97 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuisioner/angket yang di uji Validitas dan Reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f) dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package For the Social Sciences) versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Online Customer Review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online di e-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang , secara parsial Online Customer Rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online di e-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang, secara simultan Online Customer Review dan Online Customer Rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online di e- commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating dan Keputusan Pembelian Online

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...