Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh yang terdapat pada hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI MP 2 setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non-equivalent posttest only control group design yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen serta 35 siswa sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian ini berjumlah 69 dengan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling untuk menentukan kelas yang akan menjadi kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan beberapa uji untuk menganalisis data yang diperoleh yaitu uji normalitas, homogenitas, analisis deskriptif, dan uji hipotesis dengan H1 ialah terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap hasil belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi dah H2 ialah terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi. Berdasarkan uji t hitung, H0 disetujui dan H1 ditolak karena t hitung t tabel yaitu 0,9261,996 dan nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu 0,358. Kesimpulan mengani hasil belajar siswa ialah model pembelajaran simulasi dengan bantuan media kumospace tidak memiliki pengaruh pada hasil belajar secara signifikan dikarenakan beberapa faktor seperti desain simulasi yang buruku, hingga permasalahan teknis lainnya. Sedangkan pada variable motivasi belajar memiliki thitungttabel yaitu 4,8541,996 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Sehingga, dapat dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi.
Copyrights © 2023