Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11, No 2 (2023): July 2023

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MP Di SMK Nurul Islam Gresik

Junpahira, Siti Vivi (Unknown)
Pahlevi, Triesninda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis problem based learning kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik, untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis problem based learning kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik, dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MP SMK Nurul Islam Gresik dan sampel yang diambil, yaitu XI MP 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan tes 25 multiple-choice. Berdasarkan analisis uji t independent sample t-test atau uji t dengan melihat nilai sig (2-tailed) pada data selisih pretest dan posttest dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol), yaitu 0.425 0.05, yang artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Kesimpulannya, multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis problem based learning tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah kurangnya antusias dan keterlibatan selama pembelajaran online dari siswa hingga masalah teknis lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...