el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 6, No 2 (2023): el-ibtidaiy

Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka

Nailatis Sa'adahh (Universitas Riau)
Neni Hermita (Universitas Riau)
Muhammad Fendrik (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh belum tercapainya tujuan pembelajaran ditandai dengan masih banyaknya siswa di kelas IVA yang selalu mendapatkan nilai yang rendah pada mata pelajaran IPAS karna adanya faktor-faktor penyebab kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS yang dialami siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA di SDN 192 Pekanbaru. Jumlah data dari penelitian ini adalah sebanyak 6 siswa, yang mana peneliti mengambil berdasarkan nilai ulangan terendah siswa. Waktu pengambilan data ini yaitu pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data yang dilakukan peneliti yaitu berupa teks deskripsi mengenai faktor penyebab kesulitan siswa dalam mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian ini dideskripsikan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dianalisis oleh penulis. Hasil dari data yang diperoleh yaitu bahwa 2 indikator faktor penyebab kesulitan belajar termasuk dalam hal yang menyebabkan siswa kesulitan dalam pembelajaran. Berdasarkan dari data yang telah didapatkan dapat diketahui bahwa faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu, kesehatan tubuh siswa yang terganggu, sikap siswa dalam belajar yang tidak baik, motivasi belajar siswa yang rendah, kurangnya variasi guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran yang kurang, sarana prasarana sekolah yang kurang memadai, lingkungan keluarga yang kurang mendukung dan pemahaman mengenai kurikulum sekolah yang kurang optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...