Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 8, No 2 (2023): September

Analisis Resiliensi Matematis Siswa sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika

Nurhayati, Yanti (Unknown)
Ni'mah, Khomsatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan resiliensi matematis siswa. Latar belakang dari penelitian ini adalah terdorongnya peneliti untuk mengetahui resiliensi matematis selain itu bahwa berdasarkan hasil pengamatan peneliti dalam keseharian belajar masih banyak siswa yang mudah menyerah, tidak tekun bahkan tidak percaya diri dalam memunculkan ide baru serta kurangnya rasa ingin tahu siswa dalam mengerjakan soal matematika apalagi dengan siswa laki-laki. Berdasarkan kajian literatur yang ditemukan oleh peneliti bahwa masalah-masalah yang dihadapi saat belajar salah satunya disebabkan oleh kemampuan resiliensi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang. Analisis data yang digunakan adalah data hasil angket resiliensi matematis untuk kemudian dikategorikan berdasarkan tabel kategori resiliensi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil resiliensi matematis siswa pada tiap indikator kategori tinggi berada pada persentase 10% - 54%, pada tiap indikator pada kategori sedang berada pada persentase 38% - 56%, pada tiap indikator kategori rendah berada pada persentase 4% - 34%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...