Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi dan deskripsi mengenai pemikiran realisme Aristoteles, filsafat matematika, dan hubungannya dengan pembelajaran matematika. Sehingga urgensi dari penelitian ini untuk menghadirkan filsafat dalam pengajaran dan pembelajaran matematika yang lebih bermakna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematics Literature Review yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui sintesis dan tinjauan terhadap literatur dari buku-buku yang terkait dengan pemikiran realisme Aristoteles dan filsafat matematika, serta artikel-artikel yang diterbitkan antara tahun 2011 dan 2022, yang diakses melalui database Google Scholar, Research Gate, dan Perpusnas. Sebanyak 6 buku dan 11 artikel digunakan sebagai bahan kajian sintesis kualitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang saling berkaitan antara pembelajaran matematika dan aliran realisme Aristoteles. Pemikiran Aristoteles dalam matematika mengacu pada konsep logika, silogisme atau analisis, dan metode deduktif. Aristoteles berpendapat bahwa logika harus diterapkan dalam matematika, yaitu berfikir secara teratur berdasarkan urutan yang tepat dan hubungan sebab-akibat. Silogisme atau analisis diperlukan untuk membangun aksioma-aksioma yang penting dalam matematika, sedangkan metode deduktif digunakan untuk menarik kesimpulan dari yang umum ke yang khusus. Dengan demikian, pemikiran realisme Aristoteles memiliki kesamaan pandangan dalam hal mempelajari objek yang sama dengan tingkat generalisasi dan abstraksi yang tinggi, menggunakan akal dan rasionalitas tanpa bereksperimen, serta menggunakan metode deduktif dimana kebenaran diperoleh melalui serangkaian langkah pembuktian
Copyrights © 2023