Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 8 No 2 (2023): JULI

Pola Belajar Anak Penyandang Low Vision Pada Anak Usia Dini

Oktarina Dwi Handayani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Riedha Silla Rizkya (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Dalam pendidikan formal tidak menutup kemungkinan terdapat anak yang memiliki keterbatasan, contohnya seperti anak penyandang low vision. Maka, sebagian pendidik harus berusaha agar anak dapat memahami materi yang telah disampaikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola belajar bagi anak low vision usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek anak penyandang low vision usia 5-6 tahun. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada aktivitas pembelajaran anak di lingkungan sekolah. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber data. Statement dari guru dicocokkan dengan observasi pada anak selama pembelajarn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar anak low vision dilakukan melalui terbimbing oleh pendidik. Pendidik memberikan pendampingan secara intensif terhadap anak low vision dibantu dengan penggunaan media audio-visual. Pada pola belajar mandiri, kelompok dan tutor sebaya tidak efektif digunakan dalam pembelajaran sehingga level tutor perlu lebih tinggi yaitu membutuhkan pendidik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...