Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 3 No 2 (2023): AGUSTUS

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAMBUHARI MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI BAHRUL ULUM

Albar, Melani (Unknown)
Rahayu, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh sulitnya memahamimateri satuan waktu kelas II MI BahrulUlum Pakisaji. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi permasalahan tersebut yaitu : 1) Metode pembelajaranguru yang hanya menggunakan ceramah dan penugasan saja, 2) Media pembelajaran yang masih belum begitu seringdigunakan, 3) Guru yang minim penguasaan teknologi. Prosedur penelitian dan pengembangannya yakni media ADDIEyang memuat 5tahapan sebagai berikut : 1) Analiysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation 5) Evaluation.Hasil yang diperoleh pada pengkajian kevalidan ahli materi dan media dengan presentase sebagai berikut : validasi ahlimateri mencapai 80% dengan kategori “valid” dan validasiahli media mencapai 92% dengan kategori “sangat layak”.Kelayakan media juga dibuktikan dari unjuk kerja siswa dalam menggunakan media pembelajaran dengan baik dansesuai dengan arahan guru. Padauji tes siswa memperoleh peningkatan sebanyak 42% dengan kategori “efektif” Dapatdiambil kesimpulan dari penelitian ini yang menunjukkan bahwasannya pengembangan media pembelajaranJAMBUHARI jam bunga matahari dinyatakan efektif dan layak untuk digunakan.Kata kunci: Jam Bunga Matahari, Mata Pelajaran Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...