Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 3 No 2 (2023): AGUSTUS

ED ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT IMPERATIF SEBAGAI KAJIAN PRAGMATIK DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Dawolo, Erikaryawati (Unknown)
Bawamenewi, Arozatulo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

 Pada penelitian ini yang menjadi permasalahan utama adalah cara guru dalam menggunakan kalimatimperatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan isi kalimatimperatif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini dilakukan pada objek yangalamiah. Variabel penelitian ini adalah kalimat imperatif yang digunakan guru kepada siswa dalam pembelajaran bahasaIndonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode analisis data yangdigunakan pada penelitian ini adalah metode agih. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menemukan 5 wujud kalimatimperatif yakni 1) perintah, 2) permintaan, 3) larangan, 4) ajakan, 5) pemberian izin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...