Kemampuan komunikasi matematis sangat penting, karena dengan kemampuan komunikasi matematis dapat meningkatkan pemahaman konsep serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Namun kenyataan komunikasi matematis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII SMPN 3 Batukliang Utara. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B. Pemilihan subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis dan hasil pengelompokan matematika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan wawancara. Sedangkan Instrumen penelitian berupa tes uraian dan pedoman wawancara. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikais matematis siswa kelas VIII B SMPN 3 Batukliang Utara berada dikategori sedang sebanyak 18 orang (75%). Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan tes komunikais matematis siswa berkategori cukup baik.
Copyrights © 2023