Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Peningkatan Moral Keagamaan Siswa Melalui Kegiatan Imtaq di SMAN 1 Bolo-Bima-NTB

Sovian Sovian (Universitas Muhammadiyah Malang)
Faridi Faridi (Universitas Muhammadiyah Malang)
Mohammad Kamaludin (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Peningkatan moral keagamaan di lingkungan sekolah terhadap siswa merupakan tanggungjawab sekolah itu sendiri, melalui kegiatan imtaq secara rutin. Sekolah tentu merupakan suatu lembaga yang bertanggung jawab terhadap pendidikan peserta didik untuk mencapai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Upaya meningkatkan moral keagamaan siswa pada hakikatnya tidak sekedar mengarahkan siswa pada aspek kognitif saja, akan tetapi pada aspek afektif dan juga aspek psikomotoriknya. Berkenaan dengan merosotnya moral keagamaan siswa, peningkatan moral keagamaan melalui kegiatan imtaq merupakan salah satu kegiatan yang sangat mendukung untuk memberikan materi keagamaan yang akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sehingga akan meningkatkan moral keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moral melalui Imtaq oleh guru untuk membentuk karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan phenomenologik naturalistic yaitu meneliti apa yang secara alami terjadi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan Imtaq di SMAN 1 Bolo meliputi kegiatan keagamaan diantaranya ada ceramah, baca tulis Al-Qur’an, dzikir, bina akhlak hingga pesantren kilat. Kegiatan Imtaq ini dilakukan secara rutin oleh siswa dengan bimbingan guru mata pelajaran agama. Berdasarkan uraian hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMAN 1 Bolo, SMAN 1 Bolo telah mengimplementasikan Kegiatan Imtaq secara baik dan teratur. Melalui kegiatan Imtaq siswa diharapkan dapat memiliki moral keagamaan yang meningkat seiring dengan kegiatan berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...