Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Etnomatematika Sebagai Penunjang Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar

Rahmah, Nirmala (Unknown)
Ibrahim, Doni Septu Marsa (Unknown)
Yazid, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan cerita bergambar berbasis etnomatematika sebagai penunjang literasi dan numerasi di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan desain penelitian pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV dengan jumlah siswa 25 peserta didik. Instrument penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli materi lembar validasi ahli media dan angket respon peserta didik. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 83 berada pada rentang skor X > 82, 8 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji validasi ahli media dengan jumlah skor sebesar 65 berada pada rentang skor X > 63 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil dari angket respon peserta didik yang dilakukan pada saat uji coba lapangan memperoleh skor 1530 dengan rata-rata sebesar 61,2. Hal ini menunjukkkan bahwa respon peserta didik baik terhadap penggunaan cerita bergambar berbasis etnomatematika dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 4 Menceh kec. Sakra Timur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...