Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengaruh Virtual Lab dengan Metode Demonstrasi Berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI di MAN 1 Lombok Barat

Nursafitri, Atmi Izzah (Unknown)
Siahaan, Jeckson (Unknown)
Sofia, Baiq Fara Dwirani (Unknown)
Hadisaputra, Saprizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Kegiatan praktikum merupakan salah satu cara membangun kegiatan pembelajaran bermakna pada siswa. Namun di MAN 1 Lombok Barat memiliki keterbatasan dalam melakukan kegiatan praktikum karena minimnya ruang laboratorium dimana hanya terdapat satu ruang praktikum untuk mata pelajaran sains. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi untuk mengatasi keterbatasn tersebut dengan menggunakan virtual lab. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan media virtual lab dengan metode demonstrasi berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa di MAN 1 Lombok Barat. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MAN 1 Lombok Barat yang berjumlah dua kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang artinya seluruh populasi digunakan sebagai sampel dengan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan ganda, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa pada tahap posttest diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 64,71 dan kelas kontrol adalah 50,64. Data hasil belajar yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji t (t-polled variance). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung (3,87) > ttabel (2,01) pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media virtual lab dengan metode demonstrasi berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa kelas XI di MAN 1 Lombok Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...