Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak

Tahajudin, Didin (Unknown)
Rokmanah, Siti (Unknown)
Putri, Chanesa Hestiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui pengoptimalan kompetensi guru pada program guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran. Seorang guru sangatlah berpengaruh dalam perkembangan peserta didik. Didalam kegiatan pembelajaran kompetensi yang dimilik oleh guru sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran. Kualitas peserta didik sangat bergantung pada kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti bermaksud menyajikan data dari hasil observasi dan wawancara optimalisasi kompetensi guru pada program guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran. Dengan mengikuti program guru penggerak, kompetensi guru dan kompetensi manajerial dapat dioptimalkan selaku pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru penggerak berkesempatan untuk menjadi kepala sekolah karena program tersebut dapat mengasah guru penggerak mempunyai kompetensi manajerialnya. Guru penggerak harus memiliki kemampuan dalam memimpin, dan membuat perubahan, tanpa adanya perubahan kualitas guru, tidak akan terjadi perubahan hasil belajar peserta didik serta untuk menggapai keteterlaksaan pendidikan yang berkualitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...