Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 2 Mataram

Hadijah, Hadijah (Unknown)
Setiadi, Dadi (Unknown)
Merta, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Mataram. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu (Quasy Experimental) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah Non-equivalent Control Group Design. Purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel dan diperoleh kelas XI MIPA 3 (Saintek 3) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 (Saintek 2) sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur keterampilan komunikasi adalah tes tulis berupa soal essay sedangkan hasil belajar diukur dengan tes tulis berupa pilihan ganda. Data dianalisis dengan bantuan SPSS menggunakan uji parametrik yaitu uji Independen sampel t-test pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan terdapa pengaruh nyata dan signifikan model project based learning terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Mataram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...