Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Hubungan Antara Bimbingan Orang Tua dan Bimbingan Guru dalam Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima

Inayatullah, Nur (Unknown)
Mustari, Mohammad (Unknown)
Sawaludin, Sawaludin (Unknown)
Ismail, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dan bimbingan guru dalam belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Setelah data normal, homogen dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,390 lebih rendah dari rtabel = 0,432 pada taraf signifikansi 5%. (2) tidak ada hubungan antara bimbingan guru terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,22 lebih rendah dari rtabel = 0,432 pada taraf signifikansi 5%. (3) tidak ada hubungan bimbingan orang tua dan bimbingan guru dalam belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi ganda diperoleh nilai F change = 0,150 > 0,05 maka bisa disimpulkan bahwa variabel bimbingan orang tua dan bimbingan guru secara simultan tidak memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswz VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...