Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengembangan LKPD Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Sel Kelas XI di SMAN 1 Masbagik

Pajriati, Nasipatul (Unknown)
Mahrus, Mahrus (Unknown)
Bahri, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Aktivitas peserta didik di dalam kelas turut dipengaruhi oleh perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru salah satunya yaitu LKPD. Saat ini LKPD yang digunakan oleh guru masih bersumber dari buku paket atau internet sehingga siswa kurang tertarik dan tidak menggunakan kemampuannya untuk berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon siswa terhadap LKPD berpikir tingkat tinggi materi sel. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Masbagik, Lombok Timur.  Sampel penelitian diambil secara random, sedangkan pengembangan LKPD menggunakan model ADDIE.  Uji coba kelompok kecil menggunakan 5 orang siswa, sedangkan uji coba lapangan terbatas menggunakan 50 orang peserta didik sebagai subjek. Validasi LKPD dilakukan oleh tiga orang ahli (validator) yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Hasil belajar siswa dan informasi penelitian diperoleh dari tanggapan responden. Pada uji coba kelompok kecil, respon peserta didik terhadap LKPD terbagi dalam dua kategori yaitu sangat dapat diterapkan dengan persentase 80% dan dapat diterapkan dengan persentase 20%. Sedangkan pada uji coba lapangan terbatas diperoleh persentase sebesar 89,7% dengan kategori sangat layak dan sangat dapat diterapkan. Hasil belajar yang diperoleh pada uji coba lapangan terbatas sebanyak 92,8% siswa mampu menjawab LKPD dengan benar, namun 7,2% masih memberikan jawaban yang salah, sehingga menghasilkan nilai rata-rata 85,6. Nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai pada uji coba lapangan terbatas sebesar 87,6. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi sel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...