Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Project based learning dengan media visual terhadap keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian ini termasuk eksperimen semu dengan desain factorial anava 2 arah. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Deli Tua Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian berjumlah 60 orang, meliputi siswa kelas VIII-1 (kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (kelas kontrol), dengan pemilihan melalui simple random sampling. Instrumen dalam penelitian yaitu tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data dengan n-gain dan anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap keterampilan kritis terutama pada indikator situation serta inference dan overview. Saran penelitian yaitu SMP Negeri 2 Deli Tua mampu mengintegrasikan model Project based learning dalam pembelajaran di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023