Bima Loka: Journal of Physical Education
Vol 3 No 1 (2022): November

Upaya meningkatkan hasil belajar pembelajaran bulutangkis dengan menggunakan model variasi latihan

Candrini Candrini (Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky)
Aminuddin Aminuddin (Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky)
Kurnia Rusli (Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar smash dalam permainan bulutangkis siswa kelas X A SMKN 1 Mehalaan, melalui model variasi latihan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dua puluh siswa kelas XA SMKN 1 Mehalaan (Pa= 9 dan Pi= 11). Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk hasil belajar keterampilan dan ujian tulis untuk pengetahuan, dan observasi untuk hasil belajar sikap. Teknik Analisa data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa tuntas mencapai 40% di siklus I dan 100% tuntas pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dalam permainan bulutangkis melalui model variasi latihan siklus I ke II tercapai sesuai yang diharapkan. Hal ini dicapai akibat pemberian materi pembelajaran yang dilakukan dengan maksimal kepada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bimaloka

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences Other

Description

Bima Loka: Journal of Physical Education merupakan jurnal yang berisi tentang artikel dalam keilmuan Pendidikan Jasmani yang terbit pada bulan November dan April oleh Prodi Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FIO Unesa. Bima Loka: Journal of Physical Education menerima artikel yang membahas ...