Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran snack ikan opa-opa dalam meningkatkan penjualan dan untuk menganalisis strategi pemasaran dengan menggunakan SWOT dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang menggunakan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menyusun strategi yang akan diambil. Sampel dari penelitian ini diambil dari pihak dalam perusahaan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian adalah segementasi pasar dan 4P yaitu, strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi tempat atau distribusi serta faktor Internal dan Eksternal pada Usaha Snack Ikan Opa-opa terdiri kekuatan yaitu Proses pembuatan yang begitu muda dan sederhana, Kualitas produk Snack Opa-opa sudah memenuhi mutu terbaik, sudah menggunakan alat modern dalam pengemasan. Kelemahan promosi yang dilakukan belum menjangkau seluruh konsumen dan ruang produksi masih tergolong kecil. Peluang yaitu jenis usaha sejenis masih kurang, harga untuk jenis snack sangat terjangkau dan dukungan pemerintah selalu positif. Ancaman yaitu fluktuasi harga bahan baku, dan adanya tingkat persaingan usaha dari jenis snack
Copyrights © 2023