cover
Contact Name
Asriyani Mulia Basri
Contact Email
e-jpa@uho.ac.id
Phone
+6285338577123
Journal Mail Official
e-jpa@uho.ac.id
Editorial Address
Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 28076516     EISSN : 28073304     DOI : https://doi.org/10.36709/jpa
Core Subject : Education, Social,
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, Kewirausahaan.
Articles 42 Documents
Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Sistem Daring Dan Luring Jurusan Akuntansi Desi Mulya Sari; Ramly; Jafar Ahiri
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 2 No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.8 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v2i2.1

Abstract

: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan sistem daring dan luring pada kelas XI Jurusan Akuntansi SMK N 2 Bombana. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Bombana dengan objek penelitian yaitu siswa kelas XI Jurusan Akuntansi pada proses pembelajaran luar jaringan tahun ajaran 2018/2019 dan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data digunakan metode analisis dokumen dengan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang diajar dengan sistem daring dan luring. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independen t Sampel T Test dengan nilai thitung = 4,242 > ttabel = 2,011. Berdasarkan hasil uji tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signnifikan antara hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan sistem daring dan sistem luring. Sedangkan hasil uji effect size dengan rumus Cohen’s menunjukkan bahwa penggunaan sistem daring pada proses pembelajaran memberikan pengaruh besar terhadap penurunan hasil belajar akuntansi siswa
Analisis Perputaran Piutang, Likuiditas Dan Rentabilitas Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama Aziza Naha’wan; Murniati; La Ode Turi
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): Edisi Januari 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.693 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i1.2

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis perputaran piutang, likuditas dan rentabilitas pada koperasi simpan pinjam Sejahtera bersama. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni dengan menganalisis tingkat perpuataran piutang dalam meningkatkam likuiditas dan rentabilitas. Hasil penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa dari tahun 2015-2018 hasil perputaran piutang menunjukkan tidak efektif. Hal ini disebabkan oleh pelunasan piutang dari peminjam yang tidak tepat waktu yang ditentukan sehingga kas tertanam dalam piutang yang menyebababkan tidak bisa dipinjamkan kembali kepada anggota. Dari tahun 2015-2018 perputaran piutang mengalami penurunan ditunjukan dengan analisis trend pada tahun 2016 senilai 89,51%, 2017 senilai 58,04% dan tahun 2018 senilai 24,48% dari tahun 2015-2018 perputaran piutang tidak efektif karena nilai perputaran piutang kurang dari 2,6 kali. Pada tahun 2015-2018 likuiditas mengalami penurunan di lihat dari analisis trend yaitu pada tahun 2016 senilai 64,33% , pada tahun 2017senilai 48,88% dan pada tahun 2018 senilai 41,24%. Rentabilitas juga mengalami penuruna dari tahun 2015-2018 dilihat dari analisis trend yaitu pada tahun 2016 senilai 93,18% pada tahu 2017 senilai 83,77% dan pada tahun 2018 senilai 57,68% dengan kesimpulan pada tahun 2015-2018 terjadi penurunan likuiditas dan rentabilitas yang di akibatkan perputaran piutang yang tidak efektif.
Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Ayu Ashari; Ramly; Jafar Ahiri
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): Edisi Januari 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.745 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas XII SMA Negeri 01 Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 29 orang Dikelas XII IPS 2 SMA Negeri 01 Bombana. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan tes dan melakukan observasi aktivitas guru serta observasi aktivitas siswa pada setiap siklus, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian adalah secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penerapan model pembelajaran problem solving yaitu dilihat dari faktor guru menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan tindakan siklus I terdapat beberapa aspek dari efektivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, Presentase ketuntasan pada siklus I belum mencapai KKM. Maka dilanjutkan pada siklus II, Pada siklus II semua aspek yang di observasi terlaksana dengan baik sehingga hal ini menunjukkan bahwa efektivitas mengajar guru dan aktivitas siswa menunjukkan perkembangan yang signifikan dan keaktifan siswa jauh sudah meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran Akuntansi dengan model pembelajaran problem solving berjalan dengan baik.
Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Wa Ode Diani; Murniati; Asriyani Mulia Basri
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): Edisi Januari 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.766 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i1.4

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil Belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian siswa kelas XII IPS II SMA Negeri 1 LOGHIA dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS II SMAN 1 Loghia yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 67,95% meningkat menjadi 69,3% . sedangkan pada siklus II sebesar 72,55% meningkat menjadi 80,35%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari siklus I sebesar 10% dan pada siklus II sebesar 35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajatran Akuntansi Kelas XII SMAN 1 Loghia Kota Raha.
Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Pada SMK Negeri 6 Konawe Selatan Wa Ode Nurmilasari; Sabrin; La Ode Safarudin3
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): Edisi Januari 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.124 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran learning starts with a question dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 24 orang kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 KonaweSelatan. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan tes dan melakukan observasi aktivitas guru serta observasi aktivitas siswa pada setiap siklus, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian adalah secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penerapan model pembelajaran learning starts with a question yaitu sebelum PTK siklus I hanya 20,83% siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata 58,87%, siklus II 25% siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata kelas 66,5%. Sesudah PTK silus I hanya 70,84% dengan rata-rata kelas 66,5% pada siklus II meningkat 91,67% dengan rata-rata 80,17%. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II.
Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada CV. Bintang Jaya Raksa Kota Kendari Yusvianti Kleaningsih; Nanik Hindaryatiningsih; Asriyani Mulia Basri
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 1 (2021): Edisi Januari 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.308 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Tingkat perpuataran piutang pada CV. Bintang Jaya Raksa, (2) Tingkat perpuataran pitang pada CV. Bintang Jaya Raksa Kota Kendari (3) Pengaruh perputaran piutang terhadap profitabilitas (ROA). Objek penelitiannya pada CV.Bintang Jaya Raksa periode 2016-2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dari dua variabel yaitu variabel yaitu perputaran piutang sebagai variabel independen dan profitabilitas ROA sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Metode analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, statistic deskriptif, analisis regresi sederhana, uji t, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian : (1) Perputaran piutang pada CV. Bintang Jaya Raksa kota Kendari mengalami fluktuasi atau naik turun, (2) Tingkat profitabilitas pada CV. Bintang Jaya Raksa Kota Kendari, (3) uji t pengujian menunjukkan bahwa tingkat perputaran piutang memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hasil ini juga dapat dilihat pada perhitungan analisi regresi antara perputaran piutang dengan return on asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan, dan pada hasil uji hipotesis yaitu pada uji koefisien determinan bahwa perputaran piutang memiliki hubungan dan pengaruh yang sangat kuat terhadap profitabilitas (ROA).
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Ade Irawati; Nanik Hindaryatiningsih; Ramly
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): Edisi Mei 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.566 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas X SMK Negeri 02 Bombana. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran. (3) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 2 Bombana. (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru di SMK negeri 2 Bombana. (3) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa kelas X SMK negeri 2 Bombana, dimana sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD aktivitas siswa hanya terbatas pada aktivitas mengerjakan LKS dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa terlabat secara aktif dalam pembelajaran dalam bentuk mkengerjakan tugas secara berkelompok, berdiskusi di dalam kelompok, mempersentasikan hasil tugas kelompok di depan kelas, bertanya kepada kelompok yang persentasi, menjawab pertanyaan dari kelompok lain, dan bahkan menjawab pertanyaan guru, dan ikut terlibat dalam merumuskan refleksi dan kesimpulan pembelajaran yang berlansung.
Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Pada Siswa Kelas XII IPS Ariati; Ramly; Murni Nia
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): Edisi Mei 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.901 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jurnal umum perusahaan jasa siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa: (1) pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 25% menjadi 42,85%. (2) Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 64,28% menjadi 85,71%. Hasil tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakannya itu minimal 80% siswa dalam satu kelas mencapai KKM ≥ 75. Dengan peningkatan rata-rata nilai yang terjadi pada pre test siklus I sebesar 62,14% meningkat menjadi 71,78% pada post test siklus I. Rata-rata nilai pada pre test siklus II sebesar 67,67% meningkat menjadi 78,21% pada post test siklus II mengalami peningkatan siklus I ke siklus ke II. Sedangkan KKM SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan yang telah di tetapkan oleh sekolah adalah 75.
Metode Pembelajaran Timbal Balik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Iin Purnama; Jafar Ahiri; Ramly
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): Edisi Mei 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.658 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Mawasangka dengan penerapan metode pembelajaran timbal balik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Mawasangka Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, tes,. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa: (1) pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 26,08% menjadi 56,52%. (2) Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 69,56% menjadi 82,60%. Hasil tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas mencapai KKM ≥ 75. Dengan Peningkatan rata-rata nilai yang terjadi pada pre test siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 70,86% pada post test siklus I. Rata-rata nilai pada pre test siklus II sebesar 73,69% meningkat menjadi 78,69% pada post test siklus II mengalami peningkatan siklus ke-I ke siklus ke-II. Sedangkan KKM SMA Negeri 1 Mawasangka yang telah ditetapkan oleh sekolah adalah 75.
Perbedaan Hasil Belajar Antara Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperative Type Jigsaw Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X1 Akuntansi Irmayanti; Ramly; Asriyani Mulia Basri
Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1 No 2 (2021): Edisi Mei 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.981 KB) | DOI: 10.36709/jpa.v1i2.10

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar antara yang dia ajar dengan model pembelajaran tipe jigsaw dan model pembeljaran konvensional pada Siswa Kelas X1 akuntansi di SMKN I Kendari. Penelitian ini adalah eksperimen Pos test only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Kendari yang berjumlah 74 orang sedangkan sampel adalah siswa kelas XIA1 dan XIA2 dengan jumlah sampel 74 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar akuntansi untuk mengukur hasil belajar yang dikembangkan oleh peneliti bekerja sama dengan guru mata pelajaran akuntansi dan sebelum digunakan untuk mengumpulkan data terlebih dahulu dilakukan uji coba guna memastikan validitas dan reliabilitas instrument yang digunakan. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Ngain Score dan uji independent sample t-test dengan program SPSS window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 80,09 sedangkan nialai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvesional ada sebesar 70,97. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, seperti yang ditujukan nilai signifikansi lebih kecil dari a 0,05 ( p = 0,000 < a 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang diajar dengan  model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvesional.