Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
Vol 20 No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K

PEMASARAN PRODUK SIMPANAN TABUNGAN PENDIDIKAN DAN BEASISWA (TAKAN Plus) PADA CREDIT UNION

Yuliana Lilistian (Unknown)
Imam Asrori (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Strategi pemasaran Credit Union harus dapat memberi gambaran yang jelas dan terarahtentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluangpada beberapa pasar sasaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif.Subjek penelitian ini terdiri dari 4 (empat) orang yaitu Branch Manager, Pengurus, Staf yang melayanianggota yang menabung Takan Plus, dan anggota Takan Plus pada Credit Union Keling KumangSintang. Guna memperoleh data yang akurat dan berkualitas, maka menggunakan teknik pengumpulandata yaitu teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisiskualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konsep produk Tabungan Pendidikan dan BeasiswaTAKAN Plus Credit Union Keling Kumang memiliki karakteristik dan 3 kategori pemilihan tabunganpendidikan dan beasiswa yang diberikan yaitu kategori harian, masa kontrak 5 tahun dan masa kontrak10 tahun. Segmentasi sasaran produk pada pemasaran produk simpanan Tabungan Pendidikan danbeasiswa (TAKAN Plus) Credit Union Keling Kumang dari kalangan pelajar dan mahasiswa sebagaiuser yang menerima bantuan pendidikan dan beasiswa. Pemasaran promosi pada produk simpananTabungan Pendidikan dan Beasiswa (TAKAN Plus) dilakukan dengan cara menggunakan metodePersonal Selling dan Mass Selling. Kesimpulan pemasaran produk simpanan tabungan pendidikandan beasiswa (TAKAN Plus) pada Credit Union Keling Kumang Sintang dengan melihat kepadaaspek konsep produk, segmentasi sasaran produk, dan promosi produk. Pemasaran Produk SimpananTAKAN Plus dapat berjalan seperti yang diharapkan, maka saran yang diberikan agar semakinmeningkatkan cara pemasaran produk simpananTabungan Pendidikan dan Beasiswa TAKAN Plusyang sudah berlaku selama ini agar produk ini semakin dikenal dan diminati oleh anggota khususnyabagi kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga Core Values, nilai-nilai inti Credit Union Keling Kumangdapat tercapai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fisip

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih ...