Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
Vol 21 No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK NEGARA INDONESIA

Venny Adhita Octaviani (Unknown)
Runi Runi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayananterhadap kepuasan nasabah pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nanga PinohKabupaten Melawi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah dibuatberdasarkan indikator-indikator penelitian yang telah ditentukan. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh nasabah yang menggunakan layanan pada BNI KCP Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Jumlahsampel yang digunakan yaitu sebanyak 92 orang responden dengan teknik pengambilan sampel denganmenggunakan incidental sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisisregresi sederhana dengan bantuan program SPSS.Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) modelregresi linier sederhana untuk memprediksi besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasannasabah dalam penelitian ini dapat dirumuskan Y = 12,921 + 0,245X. 2) Hasil uji hipotesis menunjukkanbahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah yang ditunjukkandengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. (0,000 < 0,05). 3) Hasil Uji koefisien determinasimenunjukkan bahwa sebesar 22,9% kepuasan nasabah BNI KCP Nanga Pinoh Kabupaten Melawidipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 77,1% dipengaruhi oleh faktorfaktorlain yang tidak diteliti.Adapun hal-hal yang dapat disarankan dalam penelitian ini yaitu diharapkanagar BNI KCP Nanga Pinoh Kabupaten Melawi dapat terus meningkatkan pelayanannya kepadanasabah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fisip

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih ...