Abstrak: Penelitian ini membahas mengenai penilian kinerja dalam memberikan layanan kepadamasyarakat, Adapun tujuan untuk mengetahi dan menganalisis penilian kinerja dalammemberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatankualitatid dan menggunakan jenis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan teknikpengumpulan data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan diperkuat dengandokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala UPT PPD Wilayah Sanggau,Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT PPD Wilayah Sanggau dan Kepala Seksi UPT PPD Wilayahserta Pegawai di UPT PPD Wilayah Sanggau. Analisis data yang digunakan adalah analisiskualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kinerja institusi sudah memilikiregulasi dan cara penilaian yang tertuang dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja InstansiPemerintah yang harus dibuat setiap tahunnya dan didalam indikator kinerja program terdapatindikator indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan. Pencapaian kinerja tahun 2020-2021dan proyeksi target jangka menengah dapat dilihat bahwa capaian realisasi tahun 2020 dan 2021mengalami peningkatan sebesar 0,96% dengan pencapaian kinerja tahun 2020 sebesar 38,02%,tahun 2021 sebesar 38,98% dan tahun 2022 sebesar 39,94%, sehingga proyeksi untuk capaiantahun 2023 sebesar 40,9%. Artinya jika dibandingkan dengan target jangka menengah yangsudah ditetapkan, maka realisasi kinerja dapat terealisasikan. Dari sisi indikator kinerja programdengan sasaran program: meningkatnya kualitas pelayanan pendapatan daerah denganindikator sasaran program: indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan pendapatan daerahdengan target sebesar 80,3%. Penilaian Kinerja Dalam Memberikan Pelayanan KepadaMasyarakat Pada Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPT PPD) WilayahSanggau sudah terlaksana dengan baik, hal ini tergambarkan dengan hasil pencapaian kinerjayang sudah mencapai terget yang telah ditetapkan. Peningkatan kinerja pelayanan kepadamasyarakat menjadi hal yang sangat penting untuk segera mendapatkan perhatian dari semuapihak. Aparatur pelaksana yang memiliki kinerja yang belum baik akan mempengaruhi kinerjainstitusi dan masyarakat secara keseluruhan dalam meningkatkan daya saing, di harapkanpengawasan terhadap pelaksanaan SOP secara rerencana dan berkesinambungan.Kata Kunci : Penilaian; Kinerja; Pelayanan
Copyrights © 2023