Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses belajar saat menggunakan metode jarimatika, (2) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar pada materi perkalian pelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan tes berupa soal isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,94 atau cukup tinggi sedangkan pada siklus II memperoleh 3,7 atau cukup tinggi ; (2) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 4,02 atau tinggi sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 4,06 atau tinggi ; (3) hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 80,83% dengan persentase hasil belajar sebesar 70,83% sedangkan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 87,50% dengan persentase hasil belajar sebesar 91,66%. Dari data hasil penelitian yang diperoleh maka metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian yang dilakukan di kelas II B SD Negeri 2 Palangka.
Copyrights © 2023