Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol. 18 No. 1 (2023): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas IIB SDN 2 Palangka: Efforts to Improve Multiplication Learning Outcomes Using the Jarimatics Method for Class IIB Students at Elementary School 2 Palangka

Endang Sri Estimurti (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Eka Mei Florensa (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses belajar saat menggunakan metode jarimatika, (2) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar pada materi perkalian pelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan tes berupa soal isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,94 atau cukup tinggi sedangkan pada siklus II memperoleh 3,7 atau cukup tinggi ; (2) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 4,02 atau tinggi sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 4,06 atau tinggi ; (3) hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 80,83% dengan persentase hasil belajar sebesar 70,83% sedangkan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 87,50% dengan persentase hasil belajar sebesar 91,66%. Dari data hasil penelitian yang diperoleh maka metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian yang dilakukan di kelas II B SD Negeri 2 Palangka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...