Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas multimedia interaktif berbasis macromedia flash untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yakni pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Babat. Data penelitian yang diukur adalah validasi, dan efektifitas instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi perangkat pembelajaran IPA adalah 89.20% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi butir soal dengan keseluruhan soal dikatakan valid, hasil reliabilitas dengan kategori sangat tinggi, daya pembeda dengan rata-rata kategori hasil baik sekali, taraf kesukaran dengan beberapa soal bertaraf mudah sedang dan sukar. Hasil analisis uji T 0.001 < 0.05 dengan hasil skor N-gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 73.44% dan 43.39% yang berarti bahwa efektifitas pengunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2023