EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023)

Model Kolaborasi Sosial Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SD Negeri Kassi

Harman B (Universitas Megarezky, Indonesia)
Abdul Malik Iskandar (Universitas Megarezky)
Eka Fitriana HS (Universitas Megarezky)
Perawati Bte Abustang (Universitas Megarezky)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kolaborasi sosial berbasis kearifan lokal terhadap penguatan pendidikan karakter siswa kelas VA SD Negeri Kassi Kota Makassar. Penelitian ini merupakan  penelitian eksperimen Pre- Eksperimental dengan menggunakan pendekatan  kuantitatif. Sampel  penelitian ini ialah kelas VA SD Negeri Kassi yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan angket penguatan pendidikan karakter. Setelah menganalisis data, penulis menemukan bahwa keterlaksanaan  pada model kolaborasi sosial berbasis kearifan lokal dengan skor nilai 3,4 dalam kategori baik dan aktivitas siswa dengan skor nilai 3,2 dalam kategori baik. Adapun skor nilai pretest pada respon siswa menggunakan model kolaborasi sosial berbasis kearifan lokal sebesar 80,15 dan nilai posttest respon siswa pada model kolaborasi sosial berbasis kearifan lokal dengan skor 86,46. Sehingga dapat disimpulkan penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas VA SD Negeri Kassi dengan menggunakan model kolaborasi sosial berbasis kearifan lokal sangat berpengaruh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...