EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didik

Baiyeni Amalia Hasanah (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Andang Firmansyah (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Harris Firmansyah (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap minat belajar sejarah. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan model penelitian quasi experimental berupa postest-only design with nonequivalent group. Data penelitian diperoleh melalui angket/ kuesioner, observasi serta dokumentasi. Analisis dari perolehan data penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji T-Test independent. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan persentase didapati minat belajar sejarah peserta didik menggunakan media pembelajaran Wordwall adalah 93%, sedangkan pada kelas kontrol peserta didik yang tidak diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran Wordwall menunjukkan minat belajar yang lebih rendah pada proses pembelajaran sejarah yakni 65%. Pada uji hipotesis menggunakan T-Test independent diperoleh nilai signifikansi (sig.2 tailed) 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Wordwall berpengaruh terhadap minat belajar sejarah peserta didik di SMAN 5 Pontianak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...