EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 4 (2023): August

Relevansi Penggunaan Metode Ceramah pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Di Era Digital

Syamsurijal Syamsurijal (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Bellonah Mardatillah Sabillah (Universitas Mega Rezky, Indonesia)
Ulfayani Hakim (Universitas Muahammadiyah Makassar, Indonesia)
Irsan Irsan (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2023

Abstract

Pendidikan menjadi sektor yang tak terlepas dari pengaruh era digital termasuk pula pendidikan di jenjang sekolah dasar. Di era digitalaktivitas pembelajaran banyak memanfaatkan perangkat digital guna memudahkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Selain itu digitalisasi pendidikan memunculkan metode-metode baru dalam kegiatan pembelajaran. Namun di era digital tidak sedikit guru, masih menerapkan metode pembelajaran yang bisa dikatakan cukup konvensional, adapun metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode ceramah. Pertanyaanya adalah apakah penerapan metode ceramah dalam pembelajaran di era digital masih relevan untuk diimplementasikan khususnya di sekolah dasar. Tujuan penelitian untuk menganalisis relevansi penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran di era digital di sekolah dasar. Jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan atau kajian literatur, dimana pengumpulan data penelitian bersumber dari google scholar ataupun jurnal penelitian sebelumnya yang relevan dan terdapat di internet. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriktif, yakni mengumpulkan data sesuai dengan sebenarnya kemudian data tersebut disusun, diolah dan dianalisis. Maka dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini diharapkan bisa memberikan fakta-fakta secara komprehensif tentang erelevansi penerapan metode ceramah sekolah dasar di era digital saat ini. Berdasakan hasil penelitian menunjukan bahwasanya dari 12 jurnal penelitian sebagai sumber data, baik penelitian PTK, kualitatit dan kuantitatif penerapan metode ceramah di sekolah dasar, menemukan bahwa metode ceramah memeiliki relevansi positif bagi pembelajaran siswa di sekolah dasar di era digital. Efektifitas model pembelajaran based learning dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar bisa menjadi refrensi bahkan sebagai opsi dalam memilih model pembelajaran. Dalam implementasi metode ceramah dalam pembelajaran di sekolah dasar, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian antara metode pembelajaran khususnya metode ceramah dengan materi pelajaran yang akan diajarkan, memadukan metode ceramah dengan metode lainnya agar bisa memberikan hasil pembelajaran maksimal, mengecek kesesuaian antara metode ceramah dengan karakterisk siswa sekolah dasar yang akan diajar dan keselarasan antara metode ceramah dengan sarana pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...