Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan minat belajar siswa; 2) mendeskripsikan gaya belajar siswa; 3) menganalisis hubungan minat belajar siswa dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif jenis korelasional, metode asosiatif. Penelitian ini dilakukan di MI Unggulan Ushuluddin Singkawang. Sampel pada penelitian ini ialah kelas 5D yang jumlahnya 29 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya (1 Minat belajar pada siswa tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 70,86%; (2) Gaya belajar siswa didominasi pada gaya belajar visual (3) Adanya hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan gaya belajar siswa kelas V di MI Unggulan Ushuluddin Singkawang dengan t hitung = 1,099 ˃ t tabel = 2,045 dengan signifikansi sebesar 5% yang artinya Ha diterima
Copyrights © 2023