EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023): June

Hubungan Minat Belajar dengan Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori Dan Kinestetik) Siswa

Nurdiana Nurdiana (STKIP Singkawang, Indonesia)
Dian Mayasari (STKIP Singkawang, Indonesia)
Dina Anika Marhayani (STKIP Singkawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan minat belajar siswa; 2) mendeskripsikan gaya belajar siswa; 3) menganalisis hubungan minat belajar siswa dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif jenis korelasional, metode asosiatif. Penelitian ini dilakukan di MI Unggulan Ushuluddin Singkawang. Sampel pada penelitian ini ialah kelas 5D yang jumlahnya 29 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya (1 Minat belajar pada siswa tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 70,86%; (2) Gaya belajar siswa didominasi pada gaya belajar visual (3) Adanya hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan gaya belajar siswa kelas V di MI Unggulan Ushuluddin Singkawang dengan t hitung = 1,099 ˃ t tabel = 2,045 dengan signifikansi sebesar 5% yang artinya Ha diterima

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...