EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program RINDI (Rintisan Desa Inklusi) dalam Pemenuhan Hak Disabilitas

Muhammad Fikri Agusman (Universitas PGRI Yogyakarta)
Luqman Hidayat (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Rintisan Desa Inklusi (RINDI) merupakan salah satu program dari lembaga SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel) yang bertujuan menjadikan masyarakat yang inklusi dan desa inklusi yang terbuka universal untuk siapapun tanpa memandang keturunan, ras, status sosial-ekonomi,  pendidikan, latar belakang, adat istiadat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaanmasyarakat melalui program RINDI (Rintisan Desa Inklusi) dalam pemenuhan hakdisabilitas di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganmetode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan. Pengumpulan datayang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalampenelitian ini adalah wakil direktur SIGAB, staff divisi desa inklusi SIGAB, danpengurus kelompok difabel Desa Sidorejo. Penelitian ini dilakukan pada bulan Junihingga bulan Agustus 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaanmasyarakat melalui program RINDI (Rintisan Desa Inklusi) dilakukan dengan membentukkelompok difabel desa (KDD) yang berperan sebagai wadah bagi masyarakatdisabilitas untuk memenuhi haknya. KDD  bekerja sama dengan pemerintah desasetempat dalam memenuhi kebutuhan disabilitas. Setiap KDD memiliki beberapaprogram kerja seperti pelatihan, pengembangan potensi, pemberian modal usaha,layanan umum bagi difabel, dan berbagai macam program lainnya yang akanbermanfaat bagi difabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...