EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Manajemen Pendidikan Karakter: Kajian Semantik dan Implementasi Pembelajaran dalam Surat Luqman Ayat 12-19

Muhammad Maulana (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia)
Marfu'ah Marfu'ah (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji manajemen pendidikan karakter berdasarkan kajian semantik Al-Qur'an surat Luqman ayat 12-19 dan penerapannya pada pembelajaran di kelas IV SDN-SN Pengambangan 5 Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19, kepala sekolah, guru PABP, dan dua guru kelas IV SDN-SN Pengambangan 5 Kota Banjarmasin, sedangkan hasil penelitian dan dokumentasi yang relevan dijadikan sebagai sumber data sekunder. Metode wawancara, dokumentasi, dan analisis isi digunakan untuk mengumpulkan data. Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi adalah semua metode analisis data. Temuan penelitian ini: 1) QS. Luqman ayat 12-19 mengandung pengertian pendidikan Aqidah, pendidikan Ibadah, dan pendidikan Akhlak dalam Keluarga. 2) Implementasi QS. Luqman ayat 12-19 dalam pembelajaran di kelas IV di SDN-SN Pengambangan 5 Kota Banjarmasin menghasilkan nilai-nilai religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, cinta lingkungan, dan sopan santun. 3) Manajemen pendidikan karakter dilakukan dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...