EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Implikasi Pelaksanaan Program English Language Teachers Training (ELTT) Pada Kompetensi Pedagogik Pengajar Bahasa Inggris Madrasah di Bengkulu

Yashori Revola (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia)
M. Arif Rahman Hakim (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia)
Reko Serasi (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia)
Malika Diah Puspita Sari (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Permasalahan terkait seringnya dijumpai para guru mata pelajaran Bahasa Inggris di Madrasah yang mengajar tidak sesuai kompetensinya, menuntut para guru tersebut untuk mengikuti program- program yang berorientasi pada pengembangan kompetensi pedagogik yang salah satunya adalah English Language Teachers Training (ELTT) yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat – Jakarta.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan program ELTT serta melihat peran program tersebut pada kompetensi pedagogik para guru Bahasa Inggris Madrasah & Pesantren di Provinsi Bengkulu.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan teknik dokumentasi.Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat dua materi yang dipelajari oleh para guru dalam program ini, yaitu ELTeach dan Professional Knowledge (PK).Dalam hal partisipasi para guru, program ini menggunakan model pembelajaran hybriddan peserta dibagi menjadi 5 kelompok dengan dipimpin oleh para trainers.Para peserta tersebut menggunakan National Geographic Learning yang meliputi materi pembelajaran, praktik materi, dan penilaian sebagai platform pembelajaran.Program ELTT ini juga terbukti  memberikan dampak yang positif bagi para guru dan siswa mereka di Madrasah, terutama dalam meningkatkan pengelolaan kelas, metode pengajaran yang lebih bervariasi, kemampuan guru dalam menciptakan konten yang lebih menarik, serta pembelajaran yang berbasis pada proses dan luaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...