EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learing (PBL) pada Materi Unsur, Senyawa dan Campuran

Nanik Yuningsih (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Hairida Hairida (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Rahmat Rasmawan (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Masriani Masriani (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Eny Enawati (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD berbasis problem based learning pada materi unsur, senyawa dan campuran. metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Adapun tahapan model yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu analyze, design, dan development. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan Teknik komunikasi langsung. Penilaian kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi unsur, senyawa dan campuran di validasi oleh Sembilan orang para ahli, yang terdiri dari tiga ahli materi, bahasa dan kegrafika. Hasil analisis data diperoleh presentase kelayakan materi sebesar 81%, kelayakan bahasa sebesar 92% dan kelayakan kegrafika sebesar 85%. Hasil penilaian lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi unsur, senyawa dan campuran ini dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA khususnya pada materi unsur, senyawa dan campuran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...