Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pengaruh Literasi Budaya Berbasis Kearifan Lokal pada Pendidikan Anak Sekolah Dasar

Citra Raflesia (Universitas PGRI Silampari)
Tidi Maharani (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Literasi budaya merupakan kemampuan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Tujuan penulisan artikel adalah untuk mengetahui pengaruh literasi budaya berbasis kearifan lokal pada pendidikan anak sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur dengan mereview beberapa artikel yang berkaitan tentang literasi budaya berbasis kearifan lokal khususnya disekolah dasar. Kajian tersebut ditemukan bahwa ada tiga hal terkait pentingnya literasi budaya berbasis kearifan lokal di sekolah dasar adalah 1) melestarikan tradisi daerah yang ada agar tidak dimakan zaman 2) dapat menumbuhkembangkan kemampuan berliterasi 3) menerapkan nilai nilai budaya yang sudah tertanam sebelumnya. Dari hasil kajian tersebut dapat di disimpulkan bahwa literasi budaya berbasis kerifan lokal sangatlah perngaruh untuk diterapkan pada pendidikan anak sekolah dasar (SD) sebagai Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) untuk memupuk rasa cinta akan budaya Indonesia dan tetap mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Literasi budaya berbasis kearifan lokal di Pendidikan Sekolah Dasar perlu untuk di lakukan penelitian lebih lanjut. Kata kunci: Pengaruh, literasi budaya, kearifan lokal

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...