Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 4 No 2 (2023): DE_Journal

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM DENGAN LITERASI SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION (OBE)

Sitepu, Christina (Unknown)
Sinaga, Samuel Juliardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran STEAM Dengan Literasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Berbasis Outcome Based Education (OBE) pada program studi pendidikan matematika FKIP UHN. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I program studi pendidikan matematika FKIP UHN. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen tetap dan 80 orang mahasiswa aktif dari 2 mata kuliah di program studi pendidikan matematika FKIP UHN. Pemilihan 80 orang mahasiswa dilakukan secara acak. Analisis deskriptif yang meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas dan Uji Hipotesis. Berdasarkan analisis data pengujian dengan spss didapatkan nilai sig 0,000 < 0,05, hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua Variabel. Dalam hal ini maka H0 ditolak dan Ha diterima yang meyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Model Pembelajaran STEAM Dengan Literasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Berbasis Outcome Based Education (OBE).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...