Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023)

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar

Sila, Nur Aisah Herman (Unknown)
Baharullah, Baharullah (Unknown)
Nasrun, Nasrun (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Guru dapat memodifikasi kelas mereka sehingga sesuai dengan kebutuhan siswa mereka jika mereka terlebih dahulu memahami hubungan yang ada antara berbagai gaya belajar siswa mereka dan kapasitas mereka untuk bekerja melalui tantangan matematika, seperti soal cerita menggunakan pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan mengkategorikan keterampilan pemecahan masalah anak sekolah dasar di kelas lima sehubungan dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik mereka terkait dengan penyelesaian masalah kata pecahan. Penelitian ini tergolong kualitatif karena dalam pengumpulan datanya menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN 64 To'bulung Kota Palopo yang terletak di Kecamatan Bara. Penelitian melibatkan partisipasi enam siswa, dengan dua siswa dari masing-masing tiga mode pembelajaran (visual, auditori, dan kinestetik) mengambil bagian. Informasi dikumpulkan melalui penggunaan prosedur wawancara, pemeriksaan kemampuan pemecahan masalah, dan kuesioner tentang gaya belajar yang berbeda. Selama penyelidikan ini, kami menggunakan teknik analisis data yang didasarkan pada model Miles dan Huberman. Pendekatan ini meliputi reduksi dan penyajian data, serta interpretasi dan verifikasi kesimpulan. Keandalan data dievaluasi dengan menggunakan metode yang disebut triangulasi teknis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...