Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 12: Oktober 2023

Upaya Pembentukan Karakter melalui Implementasi Model Demonstrasi pada Materi IPS Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV

Inggit Dwi Anggoro (Universitas Negeri Jakarta)
Nazwa Awaliah (Universitas Negeri Jakarta)
Niana Indriyana (Universitas Negeri Jakarta)
Regita Pramesti Harianto (Universitas Negeri Jakarta)
Siti Rahmadina (Universitas Negeri Jakarta)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Pembentukan Karakter melalui Implementasi Model Demonstrasi pada Materi IPS Kekayaan Budaya Indonesia merupakan hal yang penting diajarkan agar peserta didik mampu mengimplementasikan karakter salah satunya melestarikan kekayaan budaya Indonesia di lingkungan sekitar. Pembelajaran IPS mampu membentuk karakter peserta didik dikarenakan materi-materi yang terdapat didalamnya membahas mengenai berbagai macam konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Hal ini bertujuan agar peserta didik mempunyai kemampuan dasar untuk berpikir kritis dan keterampilan dalam pemecahan masalah. Sementara itu, pembentukan karakter juga dapat dilakukan melalui penanaman nilai-nilai budaya. Penulis memilih metode penelitian kualitatif karena tujuan utamanya adalah memahami bagaimana implementasi model pemadatan pada materi IPS tentang kekayaan budaya Indonesia mempengaruhi karakter siswa. Metode kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi aspek-aspek subjektif yang lebih mendalam dalam proses pembelajaran tersebut. Model demonstrasi dapat digunakan pada pembelajaran IPS yang mana merupakan perwujudan dari pendekatan interdisipliner dari beberapa konsep ilmu sosial yang dipadukan dan disederhanakan untuk tujuan pengajaran di sekolah. Jadi model pembelajaran demonstrasi ini cocok digunakan pada materi IPS kekayaan budaya Indonesia dalam upaya pembentukan karakter siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...