Adanya teknologi yang semakin maju serta didukung faktor lingkungan seperti sosial dan budaya secara cepat.Awal perkembangan trend fashion di indonesia cenderung mencontoh gaya barat, misalnya dalam bahan yangdipakai maupun desain. Dengan adanya trend sepatu yang sangat pesat, maka dari itu produsen sepatumemanfaatkan peluang dalam kenyataan ini dengan berlomba-lomba mengeluarkan berbagai jenis dan merek yangdi keluarkan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Citra Merek terhadap LoyalitasKonsumen Sepatu Merek Converse di Kota Cirebon.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode kuantitaf dengan jenis penelitian analasis deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode nonprobability sampling dengan jumlah 100 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan denganmelakukan penyebaran kuesioner secara online yang disebarkan keseluruh responden, yaitu konsumen sepatuConverse yang terdiri dari Pelajar/Mahasiswa/I 53 responden, Karyawan Swasta 38 responden, serta Wirausaha 9responden. Tehnik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasilanalisis deskriptif, dari variabel citra merek dapat disimpulkan bahwa Citra Merek dengan nilai 75.6%. LoyalitasKonsumen dengan nilai 74,5%. Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen Sepatu Merek Converse diKota Cirebon termasuk dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruhpositif terhadap Loyalitas Konsumen.Kata kunci-citra merek, loyalitas konsumen
Copyrights © 2023