Samsung merupakan merek smartphone yang memiliki pangsa pasar paling tinggi di Indonesia, diikuti dengan Oppodan iPhone per periode Januari 2020 sampai dengan Oktober 2022. Berdasarkan data Top Brand Index iPhone memilikipersentase 12%, Samsung sebesar 33% dan Oppo sebesar 20,6%, sehingga dapat dikatakan iPhone memilikiketertinggalan dalam segi branding apabila dibandingkan dengan kompetitornya. Didapati pula jika iPhone masihmemiliki kelemahan dalam membangun kesadaran, citra serta kepercayaan mereknya. Penelitian ini dilakukan untukmengetahui pengaruh dari kesadaran, citra, serta kepercayan merek terhadap loyalitas merek iPhone. Metode padapenelitian ini yakni kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner pada 386 pengguna iPhone yang berdomisili di kota besardi Indonesia dan didapati jika kesadaran, citra, serta kepercayaan merek memiliki pengaruh positif terhadap loyalitasmerek.Kata Kunci-Kesadaran Mereki, Citra Mereki, Kepercayaan Mereki, Loyalitas Mereki
Copyrights © 2023