Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi organisasi terhadap loyalitas anggota diToastmasters International. tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanyapengaruh komunikasi organisasi terhadap loyalitas anggota baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitasanggota di Toastmasters International. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebarankuisioner dan menggunakan analisis data kuantitatif yang bersifar deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan denganmetode non-probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian iniadalah anggota aktif toastmasters international distrik 87, dengan jumlah responden sebanyak 327 orang. Metodeanalisis penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana dan alat analisis yang digunakan dengan bantuan SPSS versi26. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel komunikasi organisasi termasukdalam kategori cukup baik, sedangkan loyalitas anggota dalam kategori cukup baik. Hasil analisis linear bergandadapat disimpulkan bahwa variabel variasi produk, positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota di toastmastersinternational distrik 87 baik secara parsial maupun simultan. Sedangkan dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ditelitidalam penelitian ini.Kata Kunci-komunikasi, komunikasi organisasi, loyalitas anggota, publik speaking
Copyrights © 2023