eProceedings of Management
Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023

Penggunaan Storytelling Public Relations Pada Media Sosial Youtube Klub Sepakbola Ibukota Indonesia Dan Inggris (Studi Komparasi Pada Akun Youtube Arsenal Dan Persija)

Brahmantyo Abrar Putra Praptadi (Telkom University)
Razie Razak (Telkom University)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penggunaan storytelling public relations pada akun sosial media YouTube Arsenaldan Persija untuk berkomunikasi dengan audiensnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara klubyang menjadi representasi dari ibukota Inggris dan Indonesia dalam menggunakan storytelling public relations.Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi serta pengambilan data berupaanalisis konten selama bulan Juli 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama 31 hari, ditemukan bahwakedua akun YouTube menggunakan adventures sebagai master plot. Namun, terdapat perbedaan symbolic action yangdigunakan oleh kedua akun YouTube, Arsenal sebagai representasi dari negara barat cendrung menggunakan konsepEgaliter dalam pesan komunikasinya, sementara Persija sebagai representasi dari negara timur lebih mengkedepankanprinsip collectivism.kata kunci-storytelling, symbolic action, youtube

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...