Pada kuartal kedua tahun 2020, JD.ID menduduki peringkat ke-6 di Indonesia dalam hal jumlah pengunjung onlinebulanan dibandingkan dengan e-commerce dalam dan luar negeri di semua kategori. Namun, peringkat JD.ID turunke posisi 10 pada kuartal kedua tahun 2022. Penurunan pengunjung JD.ID mengindikasikan adanya permasalahanterkait loyalitas. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif dengan teknik sampling non probabilitysampling dan jumlah sampel 146 responden. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melaluigoogle form dan hasil data diolah dengan menggunakan Smart-PLS 3.1.9 dan SPSS 25.0. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap dua aspek penting, yaitu keluhan pelanggan dan loyalitaspelanggan, dalam konteks situs e-commerce JD.ID. Penelitian ini menunjukkan bahwa reliability, responsiveness,personalization, trust, dan web design berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas layanan. Kualitaslayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, kepuasan pelangganberperan penting dalam mempengaruhi keluhan dan loyalitas pelanggan. Dalam lingkungan e-commerce, tingkatkepuasan pelanggan terhadap layanan yang disediakan akan berdampak pada tingkat keluhan pelanggan dan tingkatloyalitas pelanggan terhadap platform tersebut. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabel pendukunglainnya seperti Website Usability, Information Quality dan Security guarantee untuk mengukur tingkat service quality.Kata kunci-Customer Complaints, Customer Loyalty, Customer Satisfaction, E-Commerce, JD.ID, Service Quality,SmartPLS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023