Bukalapak merupakan salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia. Namun Bukalapak mengalami penurunanjumlah pengunjung selama tahun 2021 yang memiliki pengguna aktif sebanyak 29,88 juta, namun turun menjadi23,1 juta pada kuartal I 2022. Adapun laporan keluhan konsumen melalui YLKI terkait kualitas pelayananBukalapak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, menggunakan teknik non probabilitysampling dengan jumlah minimal sampel sebesar 160 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukandengan penyebaran kuesioner dan hasil data diolah menggunakan software Smart-PLS 4. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap komplain pelanggan dan loyalitas pelanggan situs webBukalapak Indonesia melalui kepuasan pelanggan. Hasil dari penelitian adalah reliability, trust, dan websitedesign memiliki pengaruh positif signifikan terhadap service quality, service quality memiliki pengaruh positifsignifikan terhadap customer satisfaction, customer satisfaction memiliki pengaruh positif signifikan terhadapcustomer complaints dan customer loyalty, kemudian customer complaints memiliki pengaruh positif signifikanterhadap customer loyalty. service quality memiliki pengaruh positif signifikan terhadap customer complaints dancustomer loyalty melalui customer satisfaction. Saran penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakanvariabel pendukung lain untuk mengukur tingkat kualitas layanan situs web Bukalapak seperti ease of use,security, assurance atau variabel lain.Kata Kunci-Bukalapak, Customer Complaints, Customer Loyalty, Service Quality, Smart-PLS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023