Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada materi "How Do You Go To School." Penelitian melibatkan siswa dari sebuah sekolah tertentu dan menggunakan pendekatan pretest-posttest dengan kelompok kontrol tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa belum mencapai tingkat yang memuaskan, seperti yang tercermin dari hasil nilai rata-rata pretest. Siswa kesulitan mengidentifikasi informasi dalam kalimat tertulis dalam Bahasa Inggris dan memiliki kendala dalam mengeja kosakata. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa permainan ular tangga sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,769 yang termasuk dalam kategori tinggi menurut klasifikasi Guilford. Selain itu, ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga dapat menjelaskan sekitar 59,2% dari variasi peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada materi "How Do You Go To School." Hasil positif ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih menarik dan efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa di masa mendatang.
Copyrights © 2022