Al-Ijtima: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 1 (2023): Oktober

Pelatihan Dan Pendampingan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Inklusif

Hakiman (Unknown)
Khuriyah (Unknown)
Choiriyah, Siti Choiriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Pelatihan dan pendampingan penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK) pada guru pendamping khusus (GPK) dan guru kelas (GK) di madrasah ibtidaiyah inklusif di wilayah Sukoharjo Jawa Tengah bertujuan untuk memberikan penguatan komptensi guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus (ABK). Metode yang digunakan adalah Asset-based Community Development atau ABCD, meliputi: penggalian kekuatan dan potensi masyarakat, analisis terhadap kemampuan masyarakat, membangun hubungan atau kaitan kegiatan, dan pemantauan serta evaluasi. Adapun langkahnya adalah discovery (menemukan), dream (impian/tujuan), design (merancang), define (menentukan) dan destiny (lakukan/tindakan). Hasil dari pelatihan adalah memberikan penguatan bagaimana cara menangani anak berkebutuhan khusus baik dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi maupun memberikan penanganan di luar pembelajaran. Pendampingan yang diberikan secara periodik memberikan penguatan kompetensi guru pendamping khusus, guru kelas dan orangtua siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam memberikan layanan berkualitas bagi anak berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Al-Ijtima: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat. serta Desain, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, daerah perbatasan, daerah ...